Rabu, 20 November 2019

Tahun Kedua Gebyar Karya Pertiwi 2019





Gebyar Karya Pertiwi dan Military Attache Spouse adalah kegiatan rutin yang di selenggarakan oleh Dharma Pertiwi bersama Mabes TNI dalam rangka HUT Ke - 74 TNI. Dan tahun ini merupakan tahun kedua diselenggarakan kegiatan ini dan bertempat di Balai Sudirman, Jakarta mulai tanggal 13 - 14 November 2019.
.
Acara ini bertujuan memasarkan produk dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang dimiliki oleh sebagian anggota Dharma Pertiwi diseluruh Indonesia. Selain itu kegiatan ini juga menjadi ajang pertunjukan berbagai seni dan budaya yang dimiliki oleh Indonesia maupun dari mancanegara.

Yang menarik dari acara Gebyar Karya Pertiwi adalah kita bisa melihat secara langsung keaneka ragaman budaya dan hasil karya dari seluruh Indonesia tanpa perlu mengunjungi kota2 tersebut. Bayangkan ... saya bisa tahu bagaimana batik papua, tas cantik manik2 dari kalimantan, kalung dan bros mutiara yang terkenal dari lombok. Dan itu semua bisa kita beli gaeeezzz.... tanpa keluar ongkos pesawat hehehehe..

Oya tema Gebyar Karya Pertiwi 2019 adalah Peningkatan Usaha Mandiri Untuk Menunjang Ekonomi Kreatif dan Menambah Pendapatan Keluarga. Selain mengusung tema tersebut acara tahun ini juga diadakan lomba " Kreasi Sarung Tanah Air". Para finalis lomba ini sudah dipilih oleh dewan juri dan hasil karyanya di pamerkan di pintu masuk. Final lomba dilaksanakan pada tanggal 15 November 2019 sekaligus ajang fashion show karya para finalis. Luar biasa banget loh ...hasil karya para finalis bisa jadi inspirasi para Emak Gaul untuk membuat baju indah berbahan dasar sarung nusantara.

Emak Gaul Ikutan kaaahh...?


Ya ikutan dong ...
Sebagai anggota Dharma Pertiwi Daerah J wilayah Bali, tahun ini saya juga ikut hadir dan meramaikan kegiatan ini bersama teman2 dari wilayah bali, NTB dan NTT . Kami dari Dharma Pertiwi Daerah J mendapatkan 1 stand yang kami isi dengan hasil karya anggota kami dan juga oleh2 khas Bali loh... ga perlu ke Bali hanya untuk beli kacang ataupun Pie Susu bali...

Cr Photo by Dharma Pertiwi Pengurus Pusat


Hasil karya anggota yang kami jual antara lain :

- Tas etnik bali
- Kebaya bordir khas bali
- Aksesoris dari mutiara
- Tenun khas Nusa Tenggara Timur
- Cemilan berbahan dasar kelor
- Aneka oleh2 khas bali

Dan itu semua produk tersebut mendapatkan respon luar biasa dari pengunjung acara Gebyar Karya Pertiwi.


Stand Mana Yang Menjadi Favorit...?

Nah ini dia yang selalu menarik di setiap kegiatan Gebyar Karya Pertiwi, karena intinya semua stand keren dan punya keunikan yang tidak sama. Tapi tetap ada yang menjadi Favorit diantara seluruh stand peserta, tahun ini Stand milik Dharma Pertiwi Daerah H dari Papua menjadi Stand Favorit.

Luar biasa memang apa yang ditampilkan oleh Stand dari Papua ini,  selain keunikan dari penataan stand yang mencerminkan Papua bangettt...keren deh...kerajinan tangan yang menjadi incaran pengunjung adalah emas asli papua yang dijual di stand, Tak hanya itu saja, lukisa, tas , kain batik papua , aksesoris berupa anting dan gelang juga lukisan diatas kulit kayu mampu menarik minat
pengunjung untuk ingin mengenal lebih jauh Papua.


Nah ...
Kalau emak gaul pengen tahu juga hasil karya dan keunikan daerah - daerah lain di Indonesia pastikan jangan melewatkan Gebyar Karya Pertiwi tahun depan yaaah..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar